Rekomendasi 3 Game Warnet Terbaik yang Masih Dapat Dimainkan Sampai Sekarang (Part 2)

Main Image Rekomendasi Game Warnet - DOTA2

Bagaimana industri game yang benar-benar berkembang cukup cepat di Indonesia, terutama industri game online, jika dahulu game online yang kita kenal hanya berbasis web atau paling bagus game-game dari Facebook. Maka saat ini game online tersebut telah menjelma menjadi sesuatu yang disenangi banyak kalangan. 

Pada masa awal game-game online masuk ke Indonesia tentu saja hampir dari kita semua belum memiliki perangkat yang mumpuni untuk memainkannya, maka hadirlah warnet (warung internet) sebagai salah satu teman masa kecil kita. Seiring berjalannya waktu, seiring bertumbuhnya juga kita dengan seksama menyaksikan satu persatu game yang mulai tumbang. Entah karena masalah internal maupun masalah playernya yang semakin lama - semakin turun. 

Namun tetap saja ada beberapa judul yang tetap bertahan membuka servernya, meskipun mungkin playernya tidak sebanyak dahulu, tetap saja dedikasi yang diberikan para developer ini untuk tetap menghadirkan yang terbaik kepada para player patut diapresiasi. Berikut adalah Rekomendasi 3 Game Warnet Terbaik yang Masih Dapat Dimainkan Sampai Sekarang (Part 2)

Part 1 nya dapat kalian baca di Rekomendasi 3 Game Warnet Terbaik yang Masih Dapat Dimainkan Sampai Sekarang (Part 1) atau baca artikel lainnya seperti 10 Game yang Akan Rilis Bulan Desember 2020 Untuk PC

1. DOTA2

Rekomendasi Game Warnet - DOTA2

Menjadi salah satu pelopor genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). DOTA2 tidak perlu diragukan lagi betapa banyak unsur nostalgia yang dapat kalian temukan dari game satu ini. Meskipun pemainnya tetap ramai sampai dengan sekarang, namun sudah berapa teman warnet kalian yang meninggalkan game satu ini?

Game yang di-developeri Valve Corporation ini berhasil bukan hanya dengan gamenya, namun juga dengan setiap turnamen dunianya. Bagaimana The International tetap konsisten menjadi game dengan prize pool paling besar sedunia, setidaknya itulah yang saya ketahui dari TI (The International) tahun kemarin.

Basis pemain yang turun, namun bukan berarti tidak ada. DOTA2 sendiri masih dapat kalian mainkan dengan pencarian matchmaking yang setidaknya tidak lebih dari 10 menit (untuk casual). Sebagai tambahan, market yang ada pada DOTA2 masih berjalan cukup baik, dimana kalian dapat menjual item atau membeli item-item favorit kalian dengan harga yang masih masuk akal.

Steam menuju DOTA2: DOTA2 on Steam 

2. Elsword

Rekomendasi Game Warnet - Elsword

Bagaimana pertama kali pengambilan kamera secara Side-Scrolling diperkenalkan, setidaknya untuk diri saya sendiri. Menjadi salah satu game yang memiliki banyak job & side job untuk karakternya. Hal ini sendirilah yang membuat saya hampir setiap pulang sekolah mengunjungi warnet untuk memainkan game satu ini.

Dengan desain visual yang cukup lucu namun juga keren dalam waktu bersamaan, merupakan bukti luar biasa dari KOG Studios sebagai developer dari game satu ini. Meskipun begitu nyatanya game satu ini telah kehilangan sebagian basis pemainnya terutama yang berada di Indonesia, hal ini sendiri dapat dilihat dari sepinya player yang berasal dari Indonesia. Namun bagaimanapun game satu ini telah mewarnai dunia game online di warnet, setidaknya bagi saya sendiri.

Steam menuju Elsword: Elsword on Steam 
 
3. Ragnarok Online 

Rekomendasi Game Warnet - Ragnarok

Selanjutnya adalah salah satu legenda dalam genre MMORPG, game yang telah ada sejak tahun 2002 ini dengan konsisten terus-menerus memberikan update untuk para playernya yang telah setia menemani Ragnarok sendiri. Untuk game satu ini, saya sendiri tidak memainkannya se-sering 2 game diatas, namun hanya sebatas mendapatkan job 1 dan kemudian berhenti.

Fitur grinding yang lumayan keras mungkin saja menjadi salah satu alasan saya berhenti memainkan game satu ini. Meskipun begitu perlu diakui ketika kalian masuk kedalam suatu Guild, maka rasa Guild tersebut akan terasa seperti rumah kedua kalian.

Hingga saat ini Ragnarok sendiri masih dapat kalian mainkan, bahkan game yang di-developeri oleh GRAVITY ini masih intens untuk melakukan update pada gamenya.

Gravity menuju Ragnarok Online: Ragnarok on Gravity 

Berikutlah Rekomendasi 3 Game Warnet Terbaik yang Masih Dapat Dimainkan Sampai Sekarang (Part 2). Bagaimana, apakah kalian ada ketertarikan untuk memainkan salah satu game dari yang ada di list ini?
Raihan Dzulfikri

Lagi suka warnain gundam meskipun tau hasil akhirnya tidak pernah sesuai harapan. Suka main game kompetitif tapi sambil bercanda :)

Post a Comment

Previous Post Next Post