Rekomendasi 3 Game Warnet Terbaik yang Masih Dapat Dimainkan Sampai Sekarang (Part 1)

Main Image - Rekomendasi 3 Game Warnet Terbaik yang Masih Dapat Dimainkan Sampai Sekarang (Part 1)

Libur akhir pekan merupakan waktu yang paling pas untuk melepas penat setelah 5 hari bekerja, atau mungkin 5 hari bersekolah. Hal yang hampir jarang terlewatkan setiap akhir pekan adalah berkunjung ke warnet, memainkan beberapa permainan seperti RF, Seal, atau Crossfire. Mungkin itulah kegiatan yang terjadi ketika game online pertama kali datang ke Indonesia, dan membuat warnet menjadi salah satu tempat teramai ketika akhir pekan. 

Sedikit bernostalgia, pada tulisan kali ini saya akan memberikan 3 List Game Online Warnet yang Tetap Dapat Dimainkan Sampai Sekarang. Jadi kencangkan sabuk pengaman dan kita akan masuk ke list nomor 1.


Point Blank, Salah Satu Game Online Warnet

Bukan menjadi game FPS online pertama yang masuk ke Indonesia, namun menjadi salah satu pendobrak kancah game FPS online di Indonesia, ketika pertama kali PB (Point Blank) masuk ke Indonesia, kita tahu betul bahwa hampir seluruh warnet yang ada berisi dengan para player yang memainkan game satu ini. Menjadi sebuah game FPS dengan membawa mekanik yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan game-game online FPS sebelumya, misalnya saja Crossfire atau X-Shot. 

Menurut saya sendiri yang menjadikan PB legenda bukan hanya karena antusiasnya yang benar-benar besar ketika pertama kali masuk ke Indonesia. Namun juga "mungkin" untuk pertama kalinya sistem clan/guild pada suatu game online benar-benar terbentuk secara baik, bagaimana kita dapat menyebutkan clan-clan besar yang menjadi raja di Point Blank, seperti Frankenstein, JinXPro, sampai dengan KZ. 

Terlepas dari itu game satu ini sempat berganti-ganti publisher, dimulai dari Gemscool yang menjadi publisher pertama kalinya, kemudian dilanjutkan oleh Garena, sampai dengan saat ini kembali kepada Zeppeto sebagai publisher sekaligus developer gamenya. Sampai dengan artikel ini dituliskan, Point Blank sendiri menjadi game yang masih dapat dimainkan, dengan mengunduhnya langsung melalui website resmi Zeppeto.


Lost Saga, Salah Satu Game Online Warnet

Game kedua merupakan sebuah revolusioner pada kala itu, meskipun sebenarnya telah ada game dengan genre serupa, namun tetap saja Lost Saga menjadi salah satu game online yang mengusung tema berbeda kala itu, disaat developer dan publisher lain hanya melirik genre game FPS ataupun MMORPG, maka lahirlah Lost Saga yang membawa angin segar kedalam industri "warnet" Indonesia.
Menjadi game yang tidak mudah dilupakan juga karena berbagai misi yang ada.

Salah satunya adalah misi untuk login setiap hari demi satu hero permanen, meskipun menjelang akhir penutupan server Lost Saga Indonesianya sendiri, untuk mendapatkan hero permanen ternyata sangatlah mudah. 

Meskipun untuk Lost Saga Indonesia sendiri telah mengalami penutupan server, namun kalian tetap dapat memainkan game satu ini dengan mendownload Lost Saga Remastered, namun jika merasa ada "feel" yang berbeda ketika memainkan LS Remastered ini, maka jangan khawatir karena ada beberapa private server Lost Saga yang menurut saya sendiri cukup worth untuk dimainkan, misalnya saja Lost Saga Exotic. Mari kembali mengenang kombo Dark Shaman dan Space Trooper.


Dragon Nest, Salah Satu Game Online Warnet

Sebuah game RPG dengan sistem dungeon didalamnya, menjadi salah satu game yang sempat ramai dimainkan, karena harganya yang gratis dan banyaknya class karakter yang ada. Mungkin dapat dikatakan sebagai sesuatu yang baru pada zamannya, dengan tampilan dari karakternya yang dapat dibilang kartun, dan visual effect dari jurus yang luar biasa (pada zamannya). 

Sistem trading house, dimana karakter dapat menjual item yang mereka temukan ketika sedang berada didalam dungeon jugalah yang membuat game satu ini terkenal. Banyaknya fitur-fitur sederhana yang dibuat lebih advance lah yang membuat game satu ini berhasil bertahan, dan memiliki basis penggemarnya sendiri seiring berjalannya tahun.  

Meskipun untuk Dragon Nest server Indonesia sendiri telah tutup, namun tenang saja kalian masih dapat memainkan game satu ini dengan mengikuti server SEA, dengan ping yang masih stabil dan jumlah update yang lebih banyak dari versi Indonesia, menurut saya sangat worth it untuk dimainkan.


Itulah 3 rekomendasi game online "warnet" yang tetap dapat dimainkan oleh kalian sampai dengan sekarang. Meskipun secara kualitas grafik maupun gameplay mekanik sudah tertinggal oleh zaman, namun tetap saja kesan nostalgia yang ditawarkan beberapa judul diatas lumayan kuat. Jadi apakah sudah menentukan ingin memainkan game apa ?
Raihan Dzulfikri

Lagi suka warnain gundam meskipun tau hasil akhirnya tidak pernah sesuai harapan. Suka main game kompetitif tapi sambil bercanda :)

Post a Comment

Previous Post Next Post