Final Fantasy XII : Zodiac Age - 20 Jam Permainan, Apakah Telah Setengah Perjalanan ?

Gambar Utama Final Fantasy XII : Zodiac Age

Halo, semuanya. Kali ini saya akan mencoba menceritakan pengalaman saya ketika memainkan salah satu game lama yang menjadi game favorit saya sejak era konsol PS2 hingga sekarang. Final Fantasy XII : Zodiac Age, merupakan seri Final Fantasy yang dirilis pada tahun 2006 dengan Square Enix sebagai developernya yang pada awalnya dapat dimainkan melalui konsol Playstation 2. Sedangkan untuk saat ini game tersebut dapat kalian mainkan pada multi platform mulai dari Playstation 2 itu sendiri, PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One, hingga Windows. 

Final Fantasy XII : Zodiac Age ini sediri merupakan series pertama yang saya mainkan dan yang dapat membuat saya jatuh cinta dengan franchise Final Fantasy itu sendiri. Game RPG satu ini menurut saya memiliki beberapa mekanik yang menarik untuk diulas mulai dari sistem License Board, Gambit, dan cara bertarungnya sendiri, daripada berlama-lama, mari kita mulai.

Game ini dibuka dengan sebuah cutscene yang menurut saya cukup penting, untuk mengetahui kenapa alasan ada cutscene-cutscene didepan perlu kita mengetahui cutscene diawal permainan ini, lantas bagimana jika dengan tidak sengaja cutscene diawal ini terpecet skip ? tenang saja, ceritanya masih tetap dapat dinikmati, tetapi akan muncul berbagai pertanyaan yang kalian kira ada sebuah plot hole dari cerita Final Fantasy XII ini sendiri.

Diawal game kita akan memainkan karakter Reks yang merupakan kakak dari Vaan, karakter utama yang akan kita mainkan nantinya. Pada awalnya saya pikir penggunaan karakter Reks hanya sebatas sebagai tutorial untuk control yang akan kita gunakan kedepannya, ternyata kehadiran karakter Reks muncul lebih dari itu, walaupun tetap saja porsinya yang sangat sedikit, bahkan ketika memainkan Vaan pun karakter Reks ini sendiri hanya disebutkan di beberapa cutscene, tapi tetap saja perannya cukup penting untuk mengisi plot hole yang akan muncul di cutscene-cutscene didepan. 

Hunt Board Final Fantasy XII : Zodiac Age

Masuk memainkan karakter Vaan, disinilah game baru dimulai disebuah kota dengan nama Rabanstre. Di awal permainan kita akan dikenalkan dengan Hunt Board, dimana ada orang yang akan menyuruh kalian untuk melawan monster yang sesuai dan akan membayar kalian tentunya ketika telah selesai menyelesaikannya. Bagian ini merupakan salah satu dari pengenalan bagian pada game yang saya suka, penjelasan yang tidak bertele-tele dan langsung dicontohkan membuat saya semakin mengerti terhadap sistem dari Hunt ini sendiri.

Battle System Final Fantasy XII : Zodiac Age - 1

Battle System Final Fantasy XII : Zodiac Age - 2

Masuk kedalam pertarungan, walaupun perkenalan mekanik pertarungan sendiri telah dijelaskan sejak menggunakan Resk, tetapi sayangnya saya tidak dapat melakukan banyak eksplorasi dikarenakan musuh yang sedang dihadapi memiliki darah yang cukup banyak, jadi untuk melakukan eksplorasi ketika sedang melawan “Mini Boss” mungkin adalah hal yang buruk. Basic sistem pertarungan antara Final Fantasy XII dengan seri pendahulunya saya kira tidak jauh berbeda, bahkan dapat dikatakan sama, yang menjadi perbedaan hanyalah pada Final Fantasy XII kita dapat melakukan pergerakan ketika menunggu giliran untuk menyerang, selain itu pada beberapa Jobs terdapat skill yang dapat mempercepat giliran untuk menyerang. Dari Mekanik pertarungan ini saya langsung menaruh hati untuk Final Fantasy XII : Zodiac Age, sebelum mungkin akhirnya tergantikan oleh sistem pertarungan dari Final Fantasy XV dan Final Fantasy VII Remake.

License Board Final Fantasy XII : Zodiac Age

Kemudian bagaimana dengan sistem License Board yang saya tadi ceritakan diatas ? License Board ini sendiri mudahnya adalah sebuah sistem untuk memilih Jobs ( Karakteristik ) yang akan diaplikasi pada karakter yang akan kalian mainkan. Pada game ini sendiri terdapat 12 Jobs yang dapat digunakan dan diwakilkan oleh Zodiac. Mulai dari Aries yang mewakili White Mage atau karakter yang penggunaan sihirnya memiliki tujuan utama untuk penyembuhan, hingga zodiac Aquarius yang mewakili Bushi karakter yang memiliki fokus pada penggunaan senjata Katana. Berikut kami tampilkan terlebih dahulu untuk 12 Jobs yang ada pada game ini.

12 Jobs Final Fantasy XII : Zodiac Age

Aries – White Mage, karakter yang dapat menggunakan Rods dan dapat menggunakan White Magick.

Taurus – Uhlan, memiliki fokus karakter untuk menggunakan Spears.

Gemini – Machinist, jobs ini dapat menggunakan Guns sebagai senjata utamanya.

Cancer – Red Battlemage, memiliki senjata utama Maces, ditambah dengan dapat menggunakan beberapa kekuatan magis, dengan Arcane Magick sebagai sihir exclusive untuk jobs ini.

Leo – Knight, senjata utama untuk jobs ini berupa Swords dan Greatswords.

Virgo – Monk, memiliki senjata utama Poles, dan memiliki kapabilitas untuk menggunakan tangan kosong.

Libra – Time Battlemage, menjadi jobs yand dapat membuat karakter kita menggunakan Crossbows dan Time Magick.

Scorpio – Foebreaker, berfokus pada penggunaan senjata Axe dan Hammer.

Sagittarius – Archer, sesuai namanya tentu kita tahu bahwa Bows menjadi senjata utama untuk jobs ini

Capricorn – Black Mage, dapat dikatakan kebalikan dari White Mage, karakter dengan jobs ini dapat menggunakan Staves disertai Black Magick.

Aquarius – Bushi, menjadi jobs yang unik ketika saya pertama melihatnya, dikarenakan Katana sebagai senjata utamanya.

Pisces – Shikari, menjadi jobs ke 12 sekaligus penutup yang dapat menggunakan Daggers dan Ninja Swords.

Jujur saya sendiri menghabiskan waktu yang cukup lama untuk akhirnya menentukan jobs/zodiac dari tiap karakter yang nantinya akan saya mainkan, beberapa aspek yang saya lihat adalah bagaimana karakter saya dapat bertahan hidup ketika melawan para boss yang akan kita temui seiring berjalannya permainan selain itu dengan banyaknya tipe monster yang ada mulai dari kebal terhadap serangan sihir, memiliki habitat di udara, dan yang lebih disarankan untuk menggunakan serangan jarak dekat, hal ini pun yang membuat pemilihan jobs/zodiac menjadi hal yang sangat krusial untuk saya sendiri, dan tentu saja pemilihan jobs/zodiac untuk karakter kalian akan menentukan permainan kalian kedepannya, apakah akan menjadi lebih sulit atau lebih mudah.

Sedikit kondisi yang saya lakukan diawal adalah memilih jobs Knight ( Leo ) dan juga White Mage ( Aries ), hal ini dikarenakan jobs Knight memiliki healt yang lumayan banyak dan dengan damage yang lumayan sakit, tentu saja ini akan membantu kalian yang memiliki resource terbatas diawal permainan, ditambah dengan White Mage yang akan membuat karakter dengan jobs knight kalian memiliki durability lebih baik lagi, selain itu penggunaan white mage sebagai healer merupakan salah satu cara yang saya gunakan untuk menghemat pembelian Potion ( Item yang dapat menambah darah pemain dalam jumlah kecil ).

Untuk melakukan upgrade pada License Board kita memerlukan yang namanya License Point perlu diketahui bahwa pada game ini setiap kita membunuh monster akan mendapatkan dua hal, yang pertama Experience dengan fungsi untuk menaikan level dari karakter yang sedang berada dalam party atau yang sedang kalian mainkan, hal kedua yang akan kalian dapatkan adalah license point yang merupakan cara untuk melakukan upgrade pada license board kalian, berbeda dengan exp (experience) yang hanya akan didapat oleh karakter yang sedang kalian mainkan, untuk license point akan didapatkan oleh semua karakter yang ada, bahkan ketika karakter tersebut sedang tidak berada dalam party.

Gambit Final Fantasy XII : Zodiac Age

Hal kedua yang menjadi daya tarik saya adalah gambit, secara sederhana ini merupakan sebuah sistem dimana kalian bisa hanya melakukan control untuk 1 karakter, dan 2 karakter lagi dapat dikendalikan sesuai dengan perintah yang telah dipasang pada gambit ( Perlu diketahui hingga saat ini 20 jam permainan saya, maksimal karakter yang dapat dimainkan berjumlah 3 ). Pada awalnya sistem gambit ini memang tidak terlalu dibutuhkan tetapi seiring dengan berjalannya permainan, saya baru merasakan bahwa adanya sistem gambit ini benar-benar mempermudah jalannya permainan.

Weapon/Armor Final Fantasy XII : Zodiac Age

Hal ketiga yang membuat saya tetap duduk diam memainkan permainan ini adalah banyaknya sihir yang ada pada game ini, bahkan bukan hanya banyak tetapi dapat terbilang kompleks, bagaimana setiap Dark Magick memiliki cara penyembuhannya sendiri yang dapat ditemukan pada White Magick, dan tentu saja dapat kalian temukan pada bagian Items. Selain dari sihir yang bervariasi, sistem persenjataan pada game inipun terbilang unik, walaupun untuk baju, celana, dan aksesoris tidak akan merubah visual untuk karakter kalian, tetapi untuk senjata dan senjata sekunder dapat merubah visual untuk karakter kalian. Menurut saya hal ini sudah terbilang cukup baik mengingat game ini dikeluarkan pada tahun 2006, dan yang lebih saya suka adalah bahwa beberapa senjata dan senjata sekunder pada game ini ada yang disertai dengan element atau bahkan sebuah status khusus.

Untuk bagian senjata ataupun senjata sekunder yang memiliki element memang tidak ditampilkan bagaimana element itu benar-benar ada, hanya ada penjelasan pada bagian inventory, dan tampilan pada warna senjata itu sendiri, seperti pada senjata yang memiliki element api umumnya senjata akan didominasi oleh warna merah ataupun warna jingga.

Options Final Fantasy XII : Zodiac Age

Terlepas daripada bagaimana jalannya permainan berlangsung, saya ingin berterima kasih pada Square Enix sebagai Developer dimana memberikan opsi mempercepat permainan 2x hingga 4x lipat. Mengapa hal ini menjadi penting bagi saya sendiri ? sederhananya cara termudah untuk melawan boss adalah dengan melakukan grinding sebelumnya, tentu kalian bisa hanya mengikuti alur cerita sampai pada melawan boss, tapi apakah yakin kalian akan dapat melawannya ?

Dengan adanya tombol untuk mempercepat permainan 2x hingga 4x lipat ini dapat membuat semua pergerakan pada game menjadi lebih cepat, artinya kalian dapat membunuh satu monster lebih cepat dihitung dari waktu pada dunia nyata. Selain fitur mempercepat permainan, fitur auto save pada game inipun menurut saya benar-benar membantu, dikarenakan sistem akan melakukan save ketika kita berpindah lokasi, dan menurut saya ini merupakan salah satu sistem auto save yang baik, walaupun hingga sekarang saya jarang menggunakan fitur tersebut, karena mungkin lebih nyaman untuk mencari Crystal terlebih dahulu dan melakukan save secara manual. 

Kesimpulan akhir menurut saya sendiri setelah memainkan game ini kurang lebih 20 jam, adalah bahwa harga yang perlu kalian bayar untuk membeli game ini saya yakin akan terganti, karena game ini sendiri memiliki waktu bermain yang terbilang lama, 20 jam saya bermain bahkan saya belum menemukan senjata-senjata unik ataupun monster-monster yang banyak dibicarakan di internet. Bahkan hingga saat ini saya masih tetap asik menikmati game ini mulai dari grinding, jalan cerita, dan bagaimana sensasi ketika melawan boss yang ternyata jauh lebih kuat dari karakter kalian.

Beberapa gambar yang ditampilkan diambil ketika saya melakukan New Game dengan tujuan menghindari spoiler terhadap jalannya game Final Fantasy XII : Zodiac Age.

Sumber Gambar : wall.alphacoders.com

Final Fantasy XII : Zodiac Age - 20 Jam Permainan, Apakah Telah Setengah Perjalanan ? Final Fantasy XII : Zodiac Age -  20 Jam Permainan, Apakah Telah Setengah Perjalanan ? Reviewed by Raihan Dzulfikri on June 09, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.